01
Dec
10

Karakteristik Pemain, Taktik & Strategi

Apa yang menarik di three kingdoms online? Selain saat menyerang bersama sama adalah pada saat bertahan bersama sama, apalagi kalau memiliki aliansi yang setia yang dapat membantu untuk bertahan bersama sama.

Setiap pemain mempunyai karakter permainan berbeda beda. Ada yang senang bermain menyerang, ada yang hanya suka melihat kotanya dibangun rapi (kita sebut sim city) ada juga yang suka bertahan dan hanya chatting di liga.

Namun sebenarnya yang paling menarik adalah menciptakan strategi dan mengimplementasi strategi tersebut sehingga lawan kita terkecok ataupun kalah.

Ada 4 karakter pemain:
1. Conqueror (Pure Attack)
2. Tortoise (Pure Defend)
3. Hybrid (Counter Attack)
4. Trapper (Tactical)

Mungkin teman-teman sudah mengerti apa yang dimaksud dengan attacker dan defender. Namun Counter attacker dan trapper juga memegang peranan penting.

1. Conqueror

Conqueror adalah pemain yang fokus pada pelatihan pasukan dan mempunyai jumlah pasukan penyerang yang banyak jumlahnya. Karena mereka mempunyai motto “Pertahanan terbaik adalah dengan menyerang dahulu dan melumpuhkan lawan.” Tipe pemain dengan karakteristik ini sangatlah agresif dan bisa melumpuhkan lawannya dengan jumlah pasukan dan keaktifan waktu bermain. Namun tipe seperti ini kadang-kadang suka takabur dan sering lupa melacak kekuatan lawannya dan pasukannya bisa dalam sekejab abis seketika bila lawannya adalah jenis pemain bertahan yang kuat serta memiliki anggota liga yang kompak.

2. Tortoise

Tortoise adalah pemain yang fokus pada pelatihan pasukan bertahan dan memiliki jumlah pasukan bertahan yang banyak. Tipe seperti harus bergantung pada sumber daya, karena tidak memiliki pasukan penyerang sehingga sulit menjarah dalm meningkatkan jumlah sumber dayanya. Istilah untuk mereka adalah “Tortoise / Kuya ” karena mereka memiliki tempurung yang kuat untuk bertahan,  namun tidak dapat menyerang. Tipe bertahan yang extreme ini sering kali membuat attacker stress dan ogah menyentuhnya, karena pasukan menyerang mereka akan jatuh korban banyak apabila menyerang tipe defender kura-kura yang bisa menahan segala jenis unit pasukan penyerang. Kelemahan tipe ini adalah sangat bergantung pada pembangunan sumber daya dan apalbila tipe ini kalah bertahan akan sangat sulit untuk bangkit kembali apalagi sumber daya mereka habis dijarah ataupun dimusnahkan dengan mesin penghancur (demolisher)

3. Hybrid

Hybrid adalah tipe pemain yang telah memiliki pengalaman bermain dan mampu bertahan dan menyerang sendiri. Tipe seperti ini umumnya dibantu oleh pemakaian emas (gold) dan fokus merata pada pertahanan dan penyerangannya. Kekuatan menyerang dan bertahan seimbang, namun sumber daya akan terasa seret bila tidak dibantu oleh pemakaian emas, karena harus meningkatkan serangan dan pertahanan mereka di pandai besi dan pembuat perisai yang membutuhkan sumber daya yang banyak. Tipe seperti ini tidak seagresif tipe conqueror namun kekuatan menyerang mereka tidak bisa ditutup sebelah mata. Mereka juga tidak memiliki pertahanan sekuat tipe tortoise namun akan memberikan perlawanan yang cukup sengit bila Anda berani menyerang mereka. Hybrid lebih mengutamakan teknik spionase dan counter attack, dalam arti mereka ahli dalam menggunakan pelacak dan umumnya tidak akan mengambil tindakan menyerang sebelum diserang. Tipe seperti ini akan menunggu diserang terlebih dahulu dan membuat analisa sebelum menyerang balik. Umumnya pemain hybrid akan melakukan pursuit attack setelah si penyerang memasuki kota pemain hybrid. Meskipun si penyerang sukses menghabisi pasukan bertahan pasukan hybrid namun sebenarnya pemain hybrid telah mengamankan pasukan penyerangnya guna menyerang kembali si penyerang di saat yang tepat. Pemain hybrid akan menyerang balik si penyerang dengan menggunakan kalkulasi waktu dan melumpuhkan lawan dengan tidak memberikan waktu si penyerang untuk melakukan selamatkan armada (fleetsave) ketika pasukan penyerang kembali ke kotanya. Sebagai contoh: Penyerang membawa 1.000 pasukan penyerang dan menyerang pemain tipe hybrid yang hanya memiliki 500 pasukan penyerang dan 300 pasukan bertahan. Dengan asumsi si penyerang merupakan tipe conqueror yang minim pasukan bertahan. Pasukan hybrid akan mengamankan 500 pasukan penyerangnya dengan cara menjarah kota lain atau menyimpannya di kota anggota seliga atau melakukan scrimmage. Meski pasukan bertahannya hanya 300 dan akan habis oleh pasukan penyerang yang sebanyak 1000, namun di pihak penyerang akan jatuh korban, katakanlah mati sekitar 100 hingga 200. Pasukan penyerang yang tersisa 800 akan menjarah kota pemain hybrid dan kembali, namun sebenarnya pasukan penyerang pemain hybrid telah kembali ke kota dan mengikuti pasukan penyerang dari belakang (kalkulasi waktu) guna menyerang mereka ketika pasukan penyerang kembali ke kotanya yang tidak akan sempat mengamankan pasukannya karena faktor waktu yang mepet. Ingat ketika pasukan menyerang dijadikan pasukan bertahan maka mereka akan menjadi sangat lemah. Pasukan penyerang 800 unit diserang oleh pasukan penyerang sebanyak 500 unit akan kalah meskipun dalam hitung – hitungan jumlahnya jauh lebih banyak. Perlu kita pahami bahwa kita wajib mengerti fungsi unit pasukan masing- masing.

4. Trapper

Trapper adalah tipe pemain tactical. Tipe pemain ini akan membuat pasukan sesuai dengan kebutuhan liga. Mereka memiliki tipe permainan bertahan seperti tipe Tortoise, namun mereka tidak bertahan di dalam kotanya sendiri melainkan bertahan di daerah kota jarahan lawan. Fungsi mereka adalah mengahabiskan kekuatan lawan perlahan lahan dengan melakukan taktik suicidal (bunuh diri) dengan menyusupkan pasukan bertahan di lahan jarahan lawan. Musuh yang umumnya telah terbiasa menjarah kota jarahnya umumnya akan menjarah kota tersebut dengan jumlah pasukan yang sama setiap hari. Trapper dapat menjebak pasukan penyerang dengan memperlajari rutinitas penyerang. Hanya pemain yang berpengalaman dianjurkan untuk membuta tipe Trapper.

Selamat menentukan karakteristik permainanmu !!!! Smile


0 Responses to “Karakteristik Pemain, Taktik & Strategi”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: